Kenapa Harus SMK ? Bukan SMA? Ini Jawabannya..

Tolong Dukungan Nya Jika Ini Membantu Untuk Saling Membantu
Like and KLIK?,..

Share.

Kenapa Harus SMK? Bukannya SMA?

Kali ini saya akan membagikan penjelasan saya tentang SMA dan SMK. Ya bagi kalian yang baru Lulus SMP/ MTs dan sederajat, bingung mau lanjutin ke SMA atau SMK? JANGAN BINGUNG!!. Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang sangat mudah. Tinggal memilih mana yang anda minati untuk anda jadikan sekolah selanjutnya. 
SMA (Sekolah Menengah Atas) memberikan pilihan untuk melanjutkan sekolah hingga ke Perguruan Tinggi atau Universitas , dan juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk lebih mengembangkan ilmu akademis maupun non akademis dan juga bahasa.
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) juga tak kalah saing dengan memberikan pilihan keahian dalam berbagai bidang seperti TKJ(teknik komputer dan jaringan), mesin, akutansi, dll. Dengan pendalaman skill yang mumpuni lulusan SMK selain dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau Universitas juga dapat mengembangkan mereka ke dunia kerja, karena lulusan SMK sudah dibekali dengan skill yang siap bekerja.

Dari penjelasan diatas kalian bisa dengan mudah untuk memilih melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK, namun hal ini belumlah 100% menjadi alasan yang tepat untuk memilih melanjutkan ke SMA atau SMK. Pada dasarnya SMA memberikan keterampilan di bidak eksak atau IPA, non eksak seperti IPS dan BAHASA. Meskipun hanya sebagai dasar saja, namun jika kita dapat mengembangkan lebih baik lagi maka sebagai lulusan SMA pun dapat berwiraswasta dengan bekal dasar tersebut.

Berbeda halnya dengan SMK yang memiliki banyak program pilihan dalam satu sekolah. Seperti contohnya SMKN 2 Surabaya yang memfokuskan pada jurusan TI(Teknologi Informasi) dan juga Industri. Selain jurusan yang menjadi fokus pembelajaran, SMK juga mempersiapkan mental siswa-siswinya untuk siap bersaing di dunia usaha setelah para siswa-siswinya lulus dari SMK tersebut.

Akan tetapi kenyataannya sekarang berbeda dengan harapan yang diinginkan oleh pemerintah, dimana 70% lulusan SMK lebih memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau Universitas dibandingkan mereka berwirausaha. Hal ini dikarenakan skill dalam jurusan yang dipilih untuk melanjutkan ke dunia usaha kurang. Selain itu mental siswa dalam berwirausaha masih kurang siap, sehingga mereka lebih memilih jalur Perguruan Tinggi untuk lebih mengasah kemampuan mereka.

Hal ini berbalik dengan 68% lulusan SMA yang lebih memilih untuk berwirausaha atau memilih untuk mencari lapangan pekerjaan. Mengapa mereka lebih memilih ini? Hal ini dikarenakan tidak tersedianya modal untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. sehingga mereka lebih memilih untuk berwirausaha sendiri, meski mental mereka belum diasah dengan baik dan dengan modal nekat dan tekat yang kuat mereka lebih memilih jalan berwirausaha. Kalaupun ada yang memilih ke jalur Perguruan Tinggi hanya 30% saja, hal ini dikarenakan banyak lulusan SMA yang menyadari akan kurangnya kesiapan mereka dalam melanjutkan ke dunia wirausaha, dan latar belakang keluarga yang mampu, yang membuat mereka memilih jalur Perguruan Tinggi. namun hal ini juga tidak menjamin mereka untuk mendapatkan kedudukan yang bagus di dunia kerja.

Bukan itu saja isu tentang jaminan kelulusan SMA dan SMK yang akan mendapatkan posisi rendah di dunia kerja juga merupakan faktor yang menjadi alasan siswa-siswi lulusan SMA/SMK lebih memilih Perguruan Tinggi sebagai pilihan setelah mereka lulus dari SMA/SMK, agar nantinya setelah mendapatkan gelar S1 harapan mereka mendapatkan posisi pekerjaan yang bagus. Perlu ditegaskan, jika gelar S1 belum dapat menjamin seseorang mendapatkan jabatan yang tinggi dalam dunia kerja, dimana posisi atau jabatan di dunia kerja akan bagus, jika kedisiplinan bagus maka dari itulah posisi atau jabatan di kerjaan akan bagus.

jika kamu ingin bekerja setelah Lulus Sekolah maka Pilihlah SMK
Kenapa apa?
1. di SMK kita mendapatkan pengalaman/ilmu kerja LANGSUNG atau magang
2. di SMK terdapat banyak jurusan yang sesuai dengan keahlian kita
Jika kalian ingin Sekolah dulu, Lalu Bekerja maka Pilihlah SMA”
Kenapa apa?
SMA adalah sekolah untuk pemikir, perbanyaklah teori yang nantinya akan kalian aplikasikan di dunia kuliah selanjutnya di dunia kerja.
INGAT MASA DEPAN ADA DI PILIHAN KALIAN!!
JADI PILIHLAH DENGAN BERPIKIR YANG MATANG

Share this

Related Posts

First