Bahaya Yang Akan Terjadi Saat Mengganti Custom ROM

Resiko Mengganti Custom ROM
Tolong Dukungan Nya Jika Ini Membantu Untuk Saling Membantu
Like and KLIK?,..
Share.

Pada saat ini perkembangan teknologi semakin canggih dan maju, contohnya perkembangan telepon genggam atau handhone yang saat ini semakin banyak penggunanya dan akan terus bertambah seiring perkembangan zaman. Pada kali ini saya membagikan sedikit pengalaman saya tentang "resiko yang kita hadapi saat mengganti custom rom".

Apa itu Custom Rom?

Custom ROM merupakan sebuah firmware alternatif sebagai pengganti firmware bawaan smartphone Android yang dikembangkan atau dimodifikasi kembali oleh developer pihak ketiga. lalu resiko apa yang kita hadapi saat mengganti/menginstall Custom ROM, Berikut ulasannya :

Terjadi Bootloop/Stuk Logo

Bootloop bisa diartikan stuk logo secara terus menerus dan tidak bisa masuk layar awal, penyebabnya adalah ketika kita install Custom ROM salah pilih Custom ROM atau bisa juga karena Custom ROM itu sendiri yang error. Masalah ini sering terjadi oleh para opreker android

EMMC (Internal Memory) Mudah Cepat Rusak

Bagaimana tidak cepat rusak jika internal memory di gonta-ganti systemnya? Oleh karena itu semakin kita sering mengganti Custom ROM maka semakin besar juga kemungkinan EMMC smartphone kita rusak, jika sudah rusak kita bisa menghabiskan uang 200 - 500 ribu untuk membeli dan merepair EMMC. Masalah ini jarang terjadi, hanya beberapa pengguna saja yang mengalaminya.

Hardbrick/Mati Total

Penyebab masalah ini ada 2, yaitu masalah dari Custom ROM dan perangkat android kalian sendiri. Masalah dari Custom ROM terjadi ketika Custom ROM itu tidak cocok dengan perangkat kalian, sedangkan masalah dari perangkat adalah rusaknya perangkat keras di dalam android kalian

Banyak Bug/Error

Jika kalian sudah sukses mengganti Custom ROM.. jangan senang dulu, karena bisa jadi ada banyak bug yang terdapat pada Custom ROM itu, karena setiap Custom ROM pasti ada bug/error. Bug terjadi karena kesalahan dalam membuat Custom ROM, biasanya jika kalian Download Custom ROM jangan lupa untuk download FIX BUG tersebut.

Kalau kalian sudah mengetahui maka sebaiknya kalian harus berpikir 2 kali untuk Mengganti Custom ROM. Ok itu saja dulu, mudah-mudahan materi ini bisa membuat kalian paham akan resiko mengganti Custom ROM.

Tambahan..

Jika kalian ingin menambahkan usulan kalian di blog ini, segera tuliskan usulan kalian di kolom komentar. Nanti akan kita bahas bersama - sama.

Sekian dari artikel yang berjudul Resiko Yang Akan Terjadi Saat Mengganti Custom ROM, semoga kalian bisa mengetahui dengan jelas tentang resiko atau akibat saat mengganti custom rom, Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »